Home » » Keluargaku Adalah Kehormatanku

Keluargaku Adalah Kehormatanku

Written By Unknown on Senin, 19 Mei 2014 | 21.42

oleh : Ustadz Fathul Khabib
Keluarga adalah sebuah tatanan dimana seluruh anggotanya memiliki hak dan wewenang tertentu. Menjaga kehormatan dan kedudukan keluarga adalah termasuk bagian dari menjaga hak timbal-balik ini. Jika kehormatan keluarga dijaga oleh aggotanya, maka orang lain dengan sendirinya juga akan turut menjaganya. Salah satu faktor penting yang memperkeruh hubungan keluarga adalah membicarakan rahasia internal keluarga kepada orang lain. Hal penting bagi suami-istri untuk sampai pada kesepahaman adalah tidak membuka rahasia keluarga pada orang lain. Tidak diragukan lagi bahwa membuka rahasia pasangan memiliki dampak buruk.

Para psikolog berkeyakinan bahwa salah satu ciri manusia sehat adalah mampu menjaga rahasianya baik berupa perkataan atau tingkah laku. Dalam pandangan agama, mereka yang mampu menjaga rahasianya termasuk orang-orang yang beriman. Penelitian menunjukkan, menjaga rahasia dapat menarik kepercayaan orang lain kepada kita, juga mempererat hubungan manusiawi di keluarga dan masyarakat. Mayoritas masyarakat menaruh rasa segan dan kepercayaan terhadap mereka yang bisa menjaga rahasia. Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan suami-istri dalam menjaga rahasia keluarga memiliki pengaruh besar pada pasangan dan anak-anak.

Di antara wejangan moral dalam Islam adalah menjaga rahasia terlebih dalam lingkungan keluarga. Rasul Saw menekankan agar suami-istri menjaga kehormatan dan kepribadian sesama, beliau Saw bersabda: "Tidak dibolehkan membicarakan problema keluarga kepada orang lain".

Para pakar masalah keluarga berkeyakinan bahwa suami-istri yang memiliki hubungan mental dan emosional yang terbatas, biasanya tidak pernah bertukar pikiran atas masalah yang melilit mereka. Dan sangat jarang terjadi komunikasi di antara mereka. Pada akhirnya, problema keluarga biasanya terseret keluar rumah. Meskipun cara ini tidak rasional, tapi suami-istri tidak melihat jalan lain kecuali membicarakannya kepada orang lain dengan harapan dapat mengurangi tekanan batin mereka.

Kadang kala, sikap tidak menerima kritikan membangun menyebabkan terbukanya rahasia keluarga di luar rumah. Mengkritik pasangan dengan cara yang benar dan untuk tujuan memperbaiki perilakunya berdampak menghilangkan masalah dalam hubungan keluarga. Akan tetapi, jika salah satu dari pasangan tidak siap mendengar kritikan sehat dan membangun, tentu saja kritikan ini akan terseret ke luar lingkungan keluarga dan akan diperbincangkan dengan orang lain.

Dr. Syarafi seorang psikolog dari Iran berkenaan menjaga rahasia dalam rumah tangga mengatakan, "Terkadang ada orang menderita akibat lemahnya kerpibadian dan rasa minder. Hal ini akan mendorong mereka merusak karakter orang lain guna menutupi kelemahannya. Oleh sebab itu, mereka siap meskipun harus membuka rahasia orang lain demi menenangkan dirinya. Sangat disayangkan terkadang masalah ini ada dalam keluarga, sebagian suami/istri demi keutuhannya dan merusak karekter pasangan, mereka membuka rahasia kehidupan keluarganya kepada orang lain."



Dr. Syarafi dalam analisanya memaparkan bentuk lain membuka rahasia keluarga kepada orang lain, ia mengatakan: "Sangat disayangkan, kadang suami/istri meminta anaknya untuk mengawasi ayah/ibu mereka. Sikap seperti ini sama dengan menyemai benih-benih ketidakpercayaan dalam hati putra-putri mereka. Mereka tidak saja menghilangkan rasa percaya dan damai dalam lingkungan keluarga, tapi juga tengah mendidik putra-putri mereka agar dimasa mendatang turut membuka rahasia keluarganya kepada khalayak".

Salah satu ciri-ciri penting lainnya dalam hubungan keluarga adalah kejujuran, karena kejujuran adalah bekal membangun kepercayaan. Dalam analisa psikologi, kejujuran meliputi tutur kata dan perilaku seseorang yang mencerminkan motivasi dan niatnya. Saat seseorang tidak berkata atau berperilaku jujur, berarti ia berkepribadian ganda dan rentan masalah dalam berinteraksi. Ketidakjujuran suami/istri akan mendorong ranah keluarga pada hilangnya kepercayaan dan berburuk sangka, juga berpeluang terhadap munculnya perselisihan. Oleh sebab itu, ajaran Islam sangat menekankan sifat jujur, jauh dari sifat munafik dan kebohongan.

Virginia Satir seorang peneliti Amerika yang selama bertahun-tahun aktif sebagai konsultan keluarga. Berkenaan dengan adanya kejujuran antara suami-istri mengatakan, "Demi kemajuan, perkembangan, dan keselamatan hubungan rumah tangga diperlukan hubungan komunikasi dan tingkah laku secara langsung dan jelas. Begitu juga tutur kata dan perilakunya harus mencerminkan niatnya. Keadaan semacam ini akan memberikan peluang bagi anggota keluarga untuk bersikap jujur dan mengatasi masalah dengan baik."

Tidak diragukan lagi bahwa terdapat banyak faktor untuk melahirkan keluarga ideal dan sukses. Dan kami telah barusaha untuk menyajikan ciri-ciri dominan dan membangun dalam hubungan suami-istri. Dan untuk menyimpulkan kajian ini, kami akan meminta Dr. Afruz seorang psikolog Iran untuk menyebutkan masalah-masalah inti antara suami-istri dalam menjalin hubungan yang sehat.

Dr. Afruz mengatakan, "Pasangan-pasangan ideal dalam setiap keadaan dan kesempatan, juga dengan menjaga nilai-nilai dan kehormatan, selalu berpikir membangun kepribadiannya dan anggota keluarganya. Pasangan-pasangan ideal sadar bahwa dengan pemenuhan seluruh kebutuhan, khususnya kebutuhan hidup dan jiwa, mereka tengah mempersiapkan terwujudnya kesehatan mental dan ketenangan keluarga. Pasangan ideal dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang, memanfaatkan metode terbaik untuk sebuah kehidupan sukses. Mereka juga menjaga jati dirinya dari penyakit lisan dan perilaku. Tutur kata yang santun dan saling menghormati, mereka jadikan alat untuk mencegah penyakit mental dan memberikan warna bagi kehidupan. Akhirnya harus kita akui bahwa pasangan sukses adalah mereka yang merasa tenteram dan damai saat berdekatan. Semakin jauh mereka dari masa menjalin ikatan suci, maka hubungan mereka semakin hangat, mesra, dan penuh gairah."
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | zoel | KUA
Copyright © 2013. Pelopor Pelayanan Berbasis IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KUA Klojen
Proudly powered by KUA Klojen