Home » » Keluarga Yang Dipuji RasuluLLah

Keluarga Yang Dipuji RasuluLLah

Written By Unknown on Sabtu, 07 Juni 2014 | 00.31

oleh : KHM. Taqiyyuddin Alawy
Rumah adalah salah satu pos terpenting dalam menyebarkan iman dan melahirkan generasi yang memahami akidah dan Alquran. Terlebih di zaman sekarang. Pengaruh Globalisasi sedikit banyak menyisipkan budaya asing yang tidak selalu positif dalam kehidupan rumah tangga dan keluarga yang tidak jarang dapat meruntuhkan sendi-sendinya, merobohkan bangunannya, mengguncang kekompakannya dan membangkitkan pertengkaran suami istri. Tidak jarang hal itu didukung oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu mereka menyalakan api fitnah di antara suami dan istri. Dan banyak orang di luar keluarga yang berupaya merusak ikatan di antara mereka berdua.

Disisi lain, terkadang Orang tua belum bisa sepenuhnya melepas anaknya untuk membangun kehidupan berumah tangga. Mereka mencampuri kehidupan rumah tangga anak dan menantunya, yang seringkali malah menjadi pemicu perceraian. Dalam meretas hubungan rumah tangga antara suami isteri, anak, menantu, orang tua dan mertua hendaknya diwarnai oleh orientasi ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Keterlibatan dalam kehidupan rumah tangga anak hendaknya dihindari kecuali untuk kemaslahatan mereka. Rumah tangga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah suri tauladan dan model yang patut ditiru dalam upaya menggapai kebahagiaan dan merendam berbagai macam masalah dan pertengkaran.

Setiap pasangan suami istri yang mengalami percekcokan rumah tangga agar menutup buku masa lalu dan memulai hidup baru. Hidup yang penuh dengan tenggang rasa, cinta kasih dan serasi. Dan marilah kita bentuk lembaga pembinaan (konsultasi) rumah tangga untuk menyelesaikan percekcokan rumah tangga sebelum terjadi pengendapan masalah yang bertumpuk-tumpuk dan membutuhkan bantuan perantara sebagaimana disayari’atkan oleh Allah. Hendaknya pasangan suami istri terutama suami harus bisa mengendalikan diri dan tidak terburu-buru mengambil keputusan untuk mengakhiri ikatan pernikahan. Karena akibatnya sangat serius dan dampaknya sangat besar terhadap individu dan masyarakat Islam.

Mari kita simak contoh terbaik dan patut ditiru serta pernah dipuji dan didoakan Rasulullah saw. dalam upaya menggapai kebahagiaan rumah tangga dan hubungan yang baik antara suami dan istri.

Di dalam sejarah Islam disebutkan bahwa tatkala anak Ummu Sulaim binti Milhan, istri Abu Thalhah, meninggal dunia sementara Abu Thalhah sedang pergi berjihad di jalan Allah. Sampai ia pulang kerumah tidak ada seorang pun yang menyampaikan kepada Abu Thalhah perihal kematian anaknya. Ketika ia datang dan menanyakan perihal anaknya, Ummu Sulaim menjawab: “Dia lebih tenang dari pada sebelumnya. “Rupanya Abu Thalhah mengira bahwa anaknya sudah sembuh dari sakitnya. Maka ia pun segera menyantap makanan yang disediakan. Kemudian Ummu Sulaim berdandan dan memakai wewangian. Lalu Abu Thalhah tidur bersamanya dan bercinta dengannya. Keesokan harinya, Ummu Sulaim berkata kepada suaminya : “Relakan kepergian anakamu.” Lalu Abu Thalhah menceritakan kisahnya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau bersabda yang artinya kurang lebih demikian:
“Semoga Allah memberkati kalian berdua pada malam kalian itu.” (HR. al-Bukhari, 1301,5470, Muslim, 2144 dan Ahmad, 3/105 )
Kemudian Ummu Sulaim melahirkan anak bernama Abdullah bin Abi Thalhah. Lalu Abdullah dikaruniai 10 orang anak yang semuanya menjadi ahli qira’at, ulama dan mujahid.

Ini adalah salah satu contoh hubungan yang ideal antara suami dan istri. Adakah kita mau meneladani?

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab :56)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | zoel | KUA
Copyright © 2013. Pelopor Pelayanan Berbasis IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KUA Klojen
Proudly powered by KUA Klojen