Home » , » Kajian Hukum Islam Tentang Gratifikasi Penghulu

Kajian Hukum Islam Tentang Gratifikasi Penghulu

Written By Unknown on Senin, 10 Februari 2014 | 19.32

Ditangkapnya Pak Romli salah satu Kepala KUA Kecamatan di Kediri atas dasar laporan Mudin ke Kejaksaan Kediri, menimbulkan reaksi Penghulu se Jawa Timur yang menolak menyetujui pernikahan dilakukan di luar Kantor Urusan Agama. Ditengah kegaduhan ini Pondok Pesantren al Falah Ploso Kediri mencoba mengurai permasalahan ini dari sudut pandang Kajian Fikih/Hukum Islam.

Dalam peraturan resmi pemerintahan, calon pengantin yang akan menikah diharuskan membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak ke Negara melalui KUA. Namun dalam realitanya, KUA mengharapkan lebih dari sekedar biaya yang disetor ke Negara dengan dalih; berdasar Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 Pasal 21 Ayat 1 bahwa prinsip akad nikah harus dilakukan di Balai Nikah Kantor Urusan Agama. Pada ayat 2, dijelaskan bahwa Pemerintah masih memberikan peluang masyarakat untuk menikah di luar KUA dengan persetujuan Pegawai Pencatat Nikah dengan resiko Negara tidak memberikan anggaran sebagai ganti bea yang ditimbulkan dari pernikahan di luar Kantor Urusan Agama.

Atas resiko ketiadaan anggaran ganti bea yang ditimbulkan dari pernikahan di luar Kantor ini, ada Kantor Urusan Agama yang meminta ganti bea yang ditimbulkan kepada masyarakat hingga terjerat unsur pungli karena tidak ada aturannya. Ada juga yang kemudian atas inisiatif masyarakat yang dilayani, memberikan ganti Amplop kepada Penghulu yang membantu menghadiri pernikahannya. Namun kemudian hal ini ternyata juga termasuk pasal gratifikasi yang dilarang, karena apapun resiko pekerjaan, Penghulu sebagai Pegawai Negeri Sipil tidak boleh menerima hadiah atau apapun dari masyarakat yang dilayani.

Berdasar penjelasan Al Fatawi Al Fiqhiyyah Al Kubra juz 4 halaman 310

وسئل هل يحل أخذ الأجرة على إيجاب النكاح أو لا فإن قلتم لا فإذا لم يجر شرطها حالة العقد ولكن جرت العادة بإهداء شيء بعده هل يجوز أخذه وإذا كان العاقد قاضيا وليس له وظيفة ولا رزق من بيت المال فهل يحل له الأخذ بشرط أو طلب فأجاب نفعنا الله تعالى بعلومه بقوله لا يجوز أخذ الأجرة لقاض ولا لغيره على مجرد تلقين إيجاب النكاح لأنه غير متعب فلا يقابل بأجرة فإن طلب منه الزوج تعليم قبوله أو إيجابه وكان في تعليم أحدهما تعب يقابل عرفا بأجرة جاز له الاستئجار حينئذ ويستحق الأجرة قاضيا كان المعلم أو غيره وإذا جرت العادة في ناحية باطراد الهدية للعاقد جاز له إن كان غير قاض أخذها بشرط أن يعلم أن المهدي أهدى إليه لا لحياء ولا لخوف مذمة أو عار لو ترك فإن علم أو ظن أنه أهدى إليه استحياء أو خوف مذمته أو مذمة غيره أو أن يعيره لو لم يهد حرم قبول هديته كما أفاده الغزالي وغيره في نظائر لذلك وعلم مما قررته حكم أخذ القاضي الأجرة على العقد وأما أخذه على الحكم ففيه تفصيل حاصله أن له أن يقول للخصمين لا أحكم بينكما حتى تجعلا لي جعلا بشرط أن يكون فقيرا أو أن ينقطع بالحكم بينهما عن كسبه وأن يعلما به قبل الترافع وأن يكون عليهما معا وأن يأذن الإمام أو يعجز عن رزقه أو يفقد متطوع بالقضاء ولم يضر بالخصوم ولا جاوز قدر حاجته واشتهر قدره وساوى بين الخصوم فيه إن استوى وقت نظره وإلا جاز التفاوت والله سبحانه وتعالى أعلم

Majmu’ Fi Ahkamin Nikah hal. 319-320

ولو شرط العاقد أن يعطيه شيأ على العقد لم يجز إلا أن يتعب للإحتياط أو غيره فيجوز بطريق الإجارة أو بطريق الجعالة – والله سبحانه وتعالى أعلم وبالله التوفيق – وصلى الله على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم.

Bea lebih dari Penerimaan Negara Bukan Pajak yang diminta oleh Kantor Urusan Agama dari sudut pandang Hukum Islam adalah Haram apabila dari pelaksanaan pernikahan itu tidak ada bea tambahan dalam pelaksanaannya seperti pernikahan yang dilakukan di Balai Nikah Kantor Urusan Agama. Bila akad di luar kantor KUA dan atau di luar jam kerja, Penghulu di Kantor Urusan Agama boleh meminta upah kerja ekstra tugas sepanjang belum tersedia dana operasional untuk itu dengan ketentuan biaya tambahan tersebut hanya untuk sasaran pembiayaan riil serta tidak boleh melebihi upah standar ,sebab akad transaksi seperti ini secara fiqh disebut ijarah fasidah.

Perincian hukum yang seperti ini, dapat diberlakukan selama tidak ada undang-undang secara resmi yang melarang meminta biaya tambahan selain Rp. 30.000. Namun jika undang-undang telah mengatur bahwa meminta biaya tambahan itu merupakan larangan secara mutlak (baik akan dilakukan di kantor KUA, atau di luar kantor KUA dan di luar jam kerja), maka meminta biaya tambahan tersebut di atas hukumnya haram secara mutlak dikarenakan melanggar peraturan pemerintah. Karenanya bila kemudian ada Kantor Urusan Agama yang menolak menghadiri pernikahan di luar kantor demi menghindari keharaman, merupakan tindakan yang tepat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | zoel | KUA
Copyright © 2013. Pelopor Pelayanan Berbasis IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KUA Klojen
Proudly powered by KUA Klojen