Home » »

Written By Unknown on Minggu, 01 Juli 2012 | 22.02

Kantor Urusan Agama Kecamatan Klojen merupakan Kantor Urusan Agama tertua di wilayan Kota Malang. Kantor Urusan Agama Kecamatan Klojen secara aktif telah melakukan pencatatan pernikahan, talak dan rujuk sejak tahun 1925 yang hingga kini terjaga aman arsipnya.

Sempat berpindah-pindah kantor hingga akhirnya menempati bekas tempat sampah di Jalan Pandeglang 14 Malang. Berdasar register tahun 1925 Kantor Urusan Agama Kecamatan Klojen dipimpin pertama kali oleh KH. Abdul Chamid sekaligus kantornya menumpang di kediaman beliau. Tidak jelas pada tahun berapa, setelah menumpang di kediaman KH. Abdul Chamid, KUA Klojen menempati sebuah gedung didaerah Kidul Dalem yang sekarang menjadi kantor kelurahan Kidul Dalem

Pada Tahun 1972 barulah KUA Klojen menempati Kantor di Jalan Pandeglang 14 hingga saat ini. Mengingat wilayah kerja KUA Klojen berada dipusat kota, pada masa-masa kemerdekaan Indonesia kantor urusan agama kecamatan Klojen harus berpindah-pindah karena kondisi yang tidak memungkinkan dan memang belum memiliki kantor sendiri sehinga pada tahun 1945-1946 terdapat arsip register yang hilang.

Sebagai Kantor Urusan Agama tertua, KUA Klojen pada era reformasi menjadi yang terdepan dalam melakukan inovasi perbaikan pelayanan prima. Tercatat KUA Klojen menjadi KUA pertama di Indonesia yang melakukan komputerisasi data dan cetak buku nikah pada tahun 2007.


kua klojen sebelum direnovasi


Tugas dan Fungsi Kantor Urusan Agama Kecamatan sangat strategis, karena langsung melakukan pelayanan kepada masyarakat seperti pencatatan perkawinan, keluarga sakinah, penyelenggaraan hari-hari besar keagamaan, sosialisasi hisab rukyat dan pembinaan hubungan baik dengan para ulama pemuka agama. Lebih lebih dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi akibat reformasi, otonomi daerah dan globalisasi, maka Kantor Urusan Agama Kecamatan mengemban tugas yang lebih berat.

kua klojen setelah renovasi


Untuk menjalankan tugas berat tersebut, Kantor Urusan Agama Kecamatan membutuhkan kinerja yang optimal yang didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni dari karyawan dan karyawati Setiap karyawan-karyawati Kantor Urusan Agama harus melek teknologi tidak gagap dalam menghadapi kemajuan zaman. Era Global saat ini menuntut segala sesuatunya diselesaikan dengan cepat dan rapi. Komputerisasi arsip, data dan penulisan akta nikah merupakan tuntutan zaman yang tidak bisa dihindari lagi. Disamping itu, dukungan perencanaan yang baik dan strategis merupakan langkah awal dalam melakukan pengkokohan kinerja yang bertanggungjawab bagi terwujudnya visi dan misi Kementerian Agama secara umum dan Kantor Urusan Agama Kecamatan secara khusus.Karena hal itu pula kua klojen berkali-kali mengalami renovasi kantor.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | zoel | KUA
Copyright © 2013. Pelopor Pelayanan Berbasis IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KUA Klojen
Proudly powered by KUA Klojen